Lembaga Anamfal Foundation : TPQ Rumah Qur'an BNQ

Kelas Qiro'ah Rumah Qur'an BNQ

Santri Rumah Qur'an BNQ sedang belajar membaca Al-Qur'an dengan dewan guru, di Yayasan Qur'an Dampak Positif Global (Anamfal Foundation). Rumah Qur'an BNQ Bintaro (RQB) adalah lembaga pengajaran Al-Qur'an baik itu untuk yang SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, Mahasiswa/ Umum. Kemudian pada tanggal 15 Februari 2019, Rumah Qur'an BNQ Bintaro (RQB) mendapat legalitas dari Kementrian Agama Tangerang Selatan.

Santri Rumah Qur'an BNQ berlokasi di Graha Jeumpa No. 21 Jl. H. Cari Graha Bintaro, Tangerang Selatan Banten. TPQ-RQB selama seminggu masuk tiga kali, yaitu hari senin, selasa dan kamis pada pukul 16.00 sampai 17.30 (maksimal). TPQ-RQB ini dibagi menjadi 2 kelas : 

Kelas Tahfiz
Pertama, Kelas Qira'ah (Membaca)

Kelas Qira'ah ini adalah untuk anak-anak atau santri yang masih belajar membaca Al-Qur'an tingkat dasar dengan menggunakan Qira'ah super cepat, jadi untuk kelas ini juga kebanyakan anak-anak yang baru saja belajar membaca Al-Qur'an dari dasar. Metode Qira'ah super cepat ini metodenya para santri disuruh membaca terlebih dahulu sebanyak- banyaknya lalu kemudian dihitung berapa kali baca (ada kartu berapa kali baca ulang), kemudian disuruh untuk menulis apa yang mereka baca sebagai latihan menulis tulisan Arab.

Namun, metode Qira'ah super cepat ini berbeda dengan membaca buku Iqra' (yang biasa dibaca anak-anak ketika belajar membaca Al-Qur'an tingkat dasar). Pengenalan huruf dengan gambar. Metode ini juga memiliki buku khusus yang sedikit berbeda dengan buku Iqra'

Kedua, Kelas Tahfiz (Menghafal)

Kelas ini bisa dikatakan anak-anak yang sudah bisa baca Al-Qur'an atau yang sudah khatam Qira'ah super cepat. Kelas ini kebanyakan mulai dari kelas 4 sampai kelas 6 SD/MI. Jadi, kelas ini lebih fokus kepada tajwid dan hafalan Al-Qur'an. Sesudah membaca hafalan sama-sama lalu kemudian membahas tajwid, makharijul huruf, dan sebagainya. Kelas ini juga memiliki kartu hafalan yang disebut dengan buku mutaba'ah. Buku mutaba'ah ini adalah buku penerimaan hafalan santri yang jika sudah hafal baru dicatat di sini. kemudian untuk menghafal membaca ayat tersebut berulang-ulang sebanyak 40 kali, karena berdasarkan studi hafalan akan lebih mutqin jika semakin sering diulang-ulang.

Top 5 This Week

WAKAF - KEKALKAN HARTA ANDA